Mini Ghostpedia : Kuchisake Onna

Published by Mangafest UGM on

Sebelum membaca artikel ini, disarankan bagi yang lemah terhadap hal-hal yang berbau horror, harap untuk tidak memaksakan diri untuk membaca artikel ini hihihihi… sebab kali ini mimin akan membahas mengenai sosok perempuan yang tak kalah seramnya dengan sadako. Baiklah kalo begitu mari kita mulai…

Kuchisake Onna atau yang disebut wanita bermulut sobek merupakan seorang wanita muda yang selalu menggunakan masker untuk menutupi mulutnya yang tersobek lebar dari telinga kirinya. Ia dipersenjatai dengan gunting atau belati.

Ia merupakan sejenis siluman (youkai) yang termasuk dalam salah satu urban legend terkenal dikalangan para anak muda Jepang. Lalu apa yang menjadi penyebab ia bisa berwajah seperti itu? Berdasarkan informasi yang kami dapatkan, terdapat berbagai versi awal mula kisah Kuchisake Onna.

Versi yang pertama, dikisahkan ratusan tahun yang lalu (di periode Heian) hidup seorang wanita muda yang berparas cantik. Wanita ini adalah istri seorang samurai. Karena kecantikannya tersebut, banyak laki-laki yang tertarik kepadanya dan wanita itu diam-diam berselingkuh. Mengetahui hal itu, sang suami cemburu dan murka sehingga ia melukai wanita itu dengan cara merobek mulutnya dengan pedang. “Nah, sekarang siapa yang akan berpikir kalau kamu cantik?” ejek suaminya.

Versi lainnya menyebutkan Kuchisake Onna adalah korban percobaan bedah kosmetik. Dokter yang mengoperasi wajahnya memakai pomade dengan bau yang menusuk sehingga saat dioperasi ia tidak bisa tenang karena bau itu dan si dokter secara tidak sengaja memotong mulutnya hingga robek. Wanita itu menjadi histeris dan marah lalu membunuh dokter itu.

Ketika akan menyerang, Kuchisake Onna memiliki taktik tersendiri. Saat bertemu dengan korbannya, Kuchisake Onna akan bertanya “Watashi Kirei?” (apakah aku cantik?). Jika sang korban menjawab ‘Ya’, maka Kuchisake Onna akan membuka maskernya dan bertanya balik “Walaupun wajahku seperti ini”?. Jika sang korban menjawab ‘Tidak’, Kuchisake Onna akan langsung membunuhnya. Jika menjawab ‘Ya’ pun, korbannya tidak akan dibiarkan selamat begitu saja.

Nah, untuk melindungi diri dari Kushisake Onna ada beberapa saran yang dapat dilakukan. Jika bertemu dengannya jangan panik dan jangan segera berlari. Sebab, Kuchisake Onna punya kecepatan lari 100 yard/3 detik, sehingga dapat mengejarmu kapan saja. Cara terbaik untuk kabur dari Kuchisake Onna adalah menjawab pertanyaan kedua dengan “lumayan” sehingga Kuchisake Onna akan bingung dan berpikir dulu apa yang akan ia lakukan, saat sedang bingung itulah korban mempunyai kesempatan untuk kabur. Cara lain adalah berikan Kuchisake Onna permen bekko ame, atau gunakan pomade. Katanya ia menyukai bekko ame, namun dengan kondisinya yang seperti itu, mengingatkannya pada penderitaannya. Sedangkan aroma pomade dapat mengingatkan Kuchisake Onna pada dokter bedah kosmetik yang melakukan malpraktik padanya.

Yah seperti itulah informasi mengenai Kuschisake Onna, hati-hati ya jika kalian bertemunya saat di jalan, lebih baik kalian menyiapkan bekko ame atau sebuah pomade agar dijauhi olehnya hihihihi…

 

Source :
Majalah Animonster Edisi May 2009, volume 122, hal 08.
https://id.wikipedia.org/wiki/Kuchisake-onna

Categories: ArticleNews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *